Home Ms Word

Cara membuat Cover Dokumen MS Word 2010


Microsoft word menjadi salah satu program yang paling sering dipergunakan. Pertama kali dirilis tahun 1983, Microsoft word masih menjadi software efisien untuk pengolahan kata hingga saat ini. Agar lebih cepat saat mengoperasikannya, ada banyak trik rahasia di Microsoft Word.
Sayangnya, sebagian besar orang hanya tahu shortcut seperti CTRL+C dan CTRL+V. Selain kedua shortcut tersebut, ada baiknya Kalian mengetahui trik berikut ini untuk pengoperasian Microsoft Word yang lebih efisien.
1. SHIFT+F5
Kalian bisa menekan shortcut SHIFT+F% untuk berpindah lebih cepat ke spot atau bagian yang terakhir kali Anda edit. Trik jitu di Microsoft Word ini akan sangat membantu Kalian ketika Kalian memiliki dokumen dengan halaman yang sangat banyak.
2. F8
Jika Kalian malas untuk menggunakan mouse untuk memblok kata, kalimat bahkan paragraf, Anda bisa menekan F8. Lakukan cara ini setelah Kalian membuka dokumen Microsoft Word Anda dan posisikan pada bagian yang akan diblok:
       Tekan F8 sebanyak 1 kali: 1 kata terblok.
       Tekan F8 sebanyak 2 kali: 1 kalimat terblok
       Tekan F8 sebanyak 3 kali: 1 paragraf terblok
       Tekan F8 sebanyak 4 kali: seluruh dokumen akan terblokir
       Shift+F8: mengembalikan atau mundur.
3. Shift+F3
Terkadang, dalam menuliskan kata, butuh penulisan dengan huruf kecil semua atau huruf besar semua. Untuk mengganti lowercase ke Capitalize Each Word ke UPPERCASE ataupun sebaliknya, Kalian bisa menggunakan Shift+F3.
Untuk melakukan Microsoft word hacks ini maka Kalian harus memblok dahulu kata yang akan dirubah. Kemudian tekan Shift+F3 di keyboard sebanyak beberapa kali hingga kata tersebut berubah sesuai dengan yang Kalian inginkan.
4. CTRL+Shift+> dan CTRL+Shift+<
Kalian ingin kata dalam dokumen Kalian memiliki ukuran yang lebih besar? Kalian bisa menekan CTRL+Shift+> setelah KaLian memblok kata/kalimat/dokumen tersebut. Sedangkan untuk memperkecil ukurannya, caranya adalah dengan menekan CTRL+Shift+< pada kata atau kalimat atau paragraf yang diblokir.
5. =rand(p,b)
Terkadang, Kalian perlu menghasilkan paragraf dummy random atau tanpa makna seperti lorem ipsum, Misalnya untuk proyek web desain untuk pengetesan layout paragraph website. Kalian tidak perlu mengetik atau copy paste di dokumen Kalian karena Kalian bisa menggunakan Lorem Ipsum Generator.
Fitur tersembunyi yang merupakan bawaan dari Microsoft Word tersebut dapat dilakukan dengan mengetikkan =rand(p,b). P ini sendiri mewakili jumlah paragraph yang Kalian inginkan untuk dibuat. Sedangkan ‘b’ adalah jumlah baris per paragrafnya.
Jadi, jika Kalian ingin menghasilkan 2 paragraf dummy dengan 5 baris per paragrafnya, maka Kalian bisa menuliskan =rand(2,5) lalu ‘enter’.
6. Kalkulator
Biasanya, jika ingin menggunakan kalkulator, banyak orang yang akan menggunakan kalkulator HP ataupun bawaan dari komputer. Namun, ternyata ada kalkulator di Microsoft Word yang dapat Kalian gunakan untuk perhitungan yang sederhana.
Tips and trick Microsoft Word untuk memunculkan kalkulator adalah sebagai berikut:
       Buka Microsoft Word Kalian lalu pilih ‘Word Option’.
    Pilih ‘quick access’ toolbar dan pilih ‘all commands’. Kemudian cari Calculate dari tabel yang ingin Kalian tampilkan. Tekan OK.
●    Lalu coba mengetikkan perhitungan sederhana, misalnya 1500+3500+1250. Kemudian Kalian block perhitungan tersebut dan tekan icon ‘calculate’ yang ada di ‘Quick Access Toolbar’. Akan muncul hasil perhitungannya di bagian kiri bawah pada status bar Microsoft Windows.
7. CTRL+Space Bar
Terkadang, Kalian perlu memindahkan kalimat ataupun paragraf dari internet ke dokumen Kalian, misalnya kutipan ahli. Jika Kalian langsung memindahkan kutipan tersebut di dokumen, kutipan tersebut akan memiliki format yang sama seperti di website.
Untuk merubahnya menjadi plaintext atau text standar di Microsoft Word, maka Kalian bisa menekan CTRL+Spacebar pada kalimat kutipan yang Kalian blok.
8. CTRL+Enter
Saat ingin pindah halaman, Kalian tidak perlu lagi menekan ‘enter’ berkali-kali. Word 2020 hack dengan menekan CTRL+Enter akan mempersingkat waktu Kalian agar bisa menulis di halaman baru. Cara inipun tidak akan mempengaruhi halaman sebelumnya jika Kalian melakukan pengeditan di halaman tersebut.
9. CTRL+SHIFT+C
Bukan hanya tulisan yang butuh copy paste namun juga format tulisannya. Jika Kalian membuat lagi formatnya dari awal apalagi untuk dokumen dengan halaman yang banyak, tentu akan menghabiskan waktu. Karena hal tersebut, Kalian bisa copas formatnya dengan CTRL+Shift+C dan CTRL+Shift+V di dokumen Kalian yang baru.
10. CTRL+(+) dan CTRL+Shift+(+)
Subscript atau superscript dipergunakan saat Kalian menuliskan bilangan matematika ataupun rumus kimia. Misalnya CO 2 ataupun XY 2. Jika Kalian belum terlanjur menuliskan, Kalian bisa menuliskan kata yang Kalian inginkan lalu tekan CTRL +(+) untuk subscript seperti CO 2. Jika sudah terlanjur, blok kata atau huruf atau angka yang ingin diformat subscript lalu tekan CTRL + (+).
Sedangkan CTRL+Shift+(+) untuk superscript seperti XY 2. Untuk mengembalikan ke bentuk semula misalnya CO2, Microsoft windows tips and trick 2020 yang bisa Kalian gunakan adalah dengan menekan CTRL +(+) kembali. Sama seperti subscript, untuk mengembalikan superscript ke bentuk semula, bisa menekan CTRL+Shift+(+).
11. Portrait Landscape
Dalam 1 dokumen, Kalian bisa memiliki halaman yang potrait dan landscape. Caranya adalah seperti berikut:
       Buka ‘page layout’ terlebih dahulu.
       Kemudian pilih ‘page setup’ > ‘margin’ > ‘custom margin’.
       Pilih ‘landscape’ atau ‘portrait’ seperti yang Anda inginkan.
       Klik ‘apply’ dan pilih ‘selected text’.
Selain cara tersebut, Kalian bisa juga menggunakan ‘page layout’ lalu pilih ‘section break’. Cara ini dapat digunakan untuk orientasi halaman, penomoran buku dan skripsi.   
Dengan beberapa trik rahasia di Microsoft Word diatas, semoga bisa membantu Kalian mempersingkat waktu kerja Kalian. Selamat mencoba!

Baca juga :

to Top