Home Ms Word

Cara Memperbaiki File Word yang Corrupt

Tampilan inilah yang disodorkan teman saya saat itu, dia tidak bisa membuka tugasnya yang di simpan di file mic word, dan langsung saya menjelaskan kepadanya bahwa ini merupakan salah satu kesalahan saat men-download sehingga file tersebut bisa rusak atau lebih sering disebut corrupt, atau juga saat anda terburu-buru menutup Ms Word saat sedang proses save berlangsung juga dapat memicu corrupt.

Penyebab lain dari masalah ini adalah virus yang masuk ke dalam dokumen. Alhamdulillah filenya bisa dibuka dan teman saya bisa kembali melanjutkan pekerjaannya, sekarang saya ingin berbagi  tentang cara memperbaiki file word yang corrupt,

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki file corruptnya :

Fitur Open and Repair

document-word-repair
Kita dapat menggunakan fitur repair yang sudah ada di Microsoft Word. Bukalah aplikasi word, lalu klik Ctrl+O lalu cari letak file docx yang rusak. Jangan langsung klik Open tapi ganti Tools ke Open and Repair (lihat gambar di atas).
Jika beruntung, file word yang rusak bisa anda buka dengan mudahnya. Walaupun tidak bisa menolong file yang sudah korupt parah, tidak ada salahnya selalu mencoba cara ini.

Fitur Recover Text From Any File

recover-text-ms-word
Masih dengan fitur bawaan microsoft word, bukalah aplikasi Ms Word anda. Klik Ctrl+O lalu cari file word yang rusak. Ubahlah pilihan doc ke Recover Text from any file (*.*).
Pilihan ini memungkinkan kita untuk mengambil text dari file manapun bahkan file musik ataupun video yang bukan format menyimpan text. Jadi file rusak pun masih bisa dibuka, untuk hasilnya tergantung tingkat kerusakannya. Fitur ini bukan memperbaiki namun hanya menyelamatkan text yang bisa diambil.

Memperbaiki File Word dengan Google Doc (Online)

google-drive
Cara ini membutuhkan koneksi internet online, bukalah browser anda lalu segera menuju Google Docs. Setelah itu login menggunakan akun google anda (gmail). Secara otomatis anda akan di redirect ke drive.google.
google-docs
Kemudian klik new/ buat >> File upload, selanjutnya tinggal cari file word corrupt yang akan diproses. Setelah selesai terunggah silahkan klik kanan pada file word anda di google drive >> Open With >> Google Docs.
File doc anda akan dibuka dengan docs.google, ada yang gagal ada juga yang sukses. Jika sukses, selanjutnya Ctrl A (memberi blok ke semua isi artikel) lalu Ctrl+C (mengcopy  isi artikel). Terakhir tinggal pastekan di Ms Word di komputer anda (Ctrl+V).

Gunakan Software untuk Memperbaiki File Word yang Rusak.

repairmyword
Salah satu softwarenya adalah Repair My Word. Sebelum menggunakan software ini terlebih dahulu buatlah satu copy-an dari berkas doc yang akan diproses. Jaga jaga kalau nanti filenya malah lebih error. Software ini gratis, tanpa membayar sedikitpun. Downloadnya di situs official Repair My Word. Tapi sayangnya kemampuannya sangat terbatas hanya bisa memperbaiki file dari Word versi lama (Microsoft Office 2003 ke bawah). Untuk format docx yang diperkenalkan pada Ms Word 2007 tidak bisa diproses oleh Repair My Word.

Baca juga :

to Top