Home Tutorial

10 Aplikas Editor Untuk Desain Website 10 Aplikas Editor Untuk Desain Website

Kali ini saya akan merangkum 10 aplikasi untuk mendesain website aplikasi ini sangat berguna untuk anda yang masih belajar membuat website maupun yang sudah mahir. Tentusaja saja aplikasi ini akan sangat berguna karena aplikasi ini akan mempermudah pekerjaan anda dalam membangun maupun mengedit website.

Aplikasi atau software ini jugan banyak digunakan oleh para programer profesional di dunia, aplikasi ini juga mendukung kode-kode seperti HTML, CSS, PHP, JAVASCRIPT dan kode lain juga jadi tidak usah khawatir jika anda yang masih belajar dan berfokus dengan kode HTML dan CSS.

1. Notepad++
Aplikasi yang pertama ini sangat umum digunakan oleh paraprogramer desainer website banyak sekali fitur yang di sediakan oleh aplikasi Notepad++ ini sehingga mempermudah anda dalam mengolah code-code. Anda juga bisa mbuat sebuah tab sehingga anda bisa berfokus pada satu pekerjaan ukuran program yang lebih kecil jadi mempermudah anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

2. Dreamweaver
Aplikasi Adobe Dreamweaver merupakan aplikasi web editor yang sangat populer. Dreamweaver menyediakan fitur melimpah untuk sekedar membuat halaman web dengan kode HTML. Dreamwever tidak hanya sebuah text editor untuk HTML saja, namun juga untuk berbagai bahasa pemograman web lainnya.Program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 12 yang ada dalam Adobe Creative Suite 6 (sering disingkat Adobe CS6).

Dibalik alat dan fitur yang melimpah saya sarankan untuk yang masih belajar jangan menggunakan aplikasi ini karena dengan aplikasi ini kita tidak akan bekerja dengan kode-kode yang harusnya kita pelajari, malah kita hanya mengoprasi kan sebuah aplikasi aplikasi ini juga sangat berat dan harganya cukupmahal 

3. CoffeCup Free HTML Editor
CoffeCup Free HTML Editor adalah sistem web desain dengan fitur yang lengkap dengan Built In FTF anda bisa mengupload file seperti Font, Frame dan banyak lagi dukungan untuk HTML 5, CSS 3 dan juga dijamin keluaran kode yang valid yang tersedia di  CoffeCup Free HTML Editor jadi mempermudah anda dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan apalagi aplikasi ini juga mempunyai sebuah fitur FTF jika anda kebingungan dalam menggunakan aplikasi ini anda bisa klik help di bagian menu pada aplikasi tersebut.

4. Firebug
Firebug adalah sebuah fitur extensi yang di sediakan oleh Firefox firebug ini akan membantu anda menyelesaikan pembuatan website anda sesuai harapan anda, membantu anda untuk melihat CSS dan HTML pada website anda yang di buka pada browser fitefox anda mengedit website anda dan melihat hasil nya saat itu juga Firebug  akan membantu anda tuk memahami layout halaman website anda, melakukan debug dan log JavaScript, mengelola cookie, menganalisis load halaman website anda, memeriksa pesan kesalahan dan banyal lagi fitur yang di sediakan oleh firebug.

5. PageBrezee
Aplikasi ini sangat sederhana tapi kesederhanaan ini membuat anda lebih mudah menggunakanya namun jika anda ingin menciptakan suatu website yang sederhana dan berbeda. Dengan aplikasi ini anda dapat menambahkan Table, Gambar danjuga Linkdalam satu atau dua klik. Sangat mudah untuk melihat dan mengedit semua halaman website anda, dan ketika anda sudah selesai  anda bisa mengupload file font dan frame built-in klien FTP akan membantu anda menempatkan pekerjaan anda secara online. Walaupun hasil akhir mungkin sangat mendasar, kesederhanaan program membuatnya layak untuk pemula.

6. BlueFish
Bluefish merupakan aplikasi editor programmer website yang juga mencakup banyak fitur dan alat web pilihan. Syntax ASP.NET, CSS, HTML, JavaScript, PHP dan banyak lagi didukungan yang di sediakan oleh BlueFish, code folding, alat pencarian yang kuat, autocompletion, dan banyak lagi Fitur dan Alat yang di sediakan oleh BlueFish. Aplikasi atau software ini juga mendukung template dokumen, memiliki wizards untuk menambahkan CSS,HTML, JavaScript, PHP,forms, tabel, audio dan objek video, Pada website anda lalu adanya tag editing dan pratinjau dari dokumen.

7. Brackets
Brackets adalah apliksi editor dengan fitur modern yang membuat anda mudah dalam merancang sebuah wesite yang menarik editor teks yang modern ringan dan mudah di gunakan. sebuah alat visual ke dalam editor sehingga Anda mendapatkan jumlah yang tepat dari bantuan ketika Anda menginginkannya. Brackets juga mendukung kode CSS, HTML, JavaScript, dan Synta mendukung lebih dari 200 bahasa pemrograman. Data adalah sebagai penting bagi kita sebagai kode, jadi kita selalu mencari cara baru untuk membuat format seperti model STL 3D, file CSV, dan peta GeoJSON di browser. danya fitur “Live Preview” anda tidak perlu untuk me-refresh browser anda setiap ingin melihat perubahan karena tampilanya akan segera diperbarui secara otomatis jadi ketika proses editing dilakukan maka saat itu juga anda akan melihat hasil nya.

8. KompoZer
KompoZer adalah aplikasi lama yang belum diperbarui untuk beberapa waktu, namun KompoZer masih bisa menjadi editor web yang berguna untuk pemula dan para programer website. Program ini bekerja seperti pengolah kata sederhana, sehingga anda tidak perlu tahu tentang HTML, CSS, scripting atau apa pun: hanya memasukkan teks, format, dan klik berbagai tombol untuk menambahkan link, menyisipkan tabel, gambar, dan lainnya. Sistem Authoring Web lengkap yang mengkombinasikan manajemen file web dan WYSIWYG halaman web kemampuan editing yang mudah digunakan yang ditemukan di Microsoft FrontPage , Adobe Dreamweaver dan program high end lainnya

9. OpenBEXI
Open BEXI adalah aplikasi editor HTML juga mendukung  HTML5 dan CSS3 . Dengan mengubah ukuran ,mempermudah anda untuk membangun sebuah halaman website. segala hal mulai dari teks, link dan gambar, graphs, flowcharts. Anda juga bisa melakukan tweaking item-item tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.OpenBEXI juga memungkinkan anda untuk men-tweak CSS atau menambahkan script ke halaman, dan built-in FTP klien akan mambantu anda meng-upload file ke server.OpenBEXI Software memungkinkan Anda untuk membuat , mengelola dan mempublikasikan proyek web dan halaman HTML untuk Internet

10. BlueGriffon
BlueGriffon merupakan editing tool yang mengambil pendekatan mudah untuk mengedit web, walaupun begitu pada BlueGriffon  terdapat fitur yang kuat. Kamu bisa menggunakan BlueGriffon untuk mengetik teks, menyisipkan gambar, tabel, file audio, video dan sebagainya. Lebih jauh dengan aplikasi ini terdapat SVG editor, form design tools, beberapa dukungan CSS, pemeriksa aksesibilitas, DOM Explorer, dan banyak lagi.

Sekian pembahasan saya kali ini semoga bermanfaat

Baca juga :

to Top