Home Ms Word

Rumus Ms Word biar Tugas Cepat Selesai, Pelajar Wajib Cek
Cara membuat Cover Dokumen MS Word 2010

Mengetik tugas kuliah, sekolah, skripsi, atau laporan magang, tentu membutuhkan waktu yang banyak untuk mengetik di Microsoft Word.

Dengan mengerjakan tugas melalui Microsoft Word, tentu lebih mempermudah mahasiswa untuk mengerjakan kapan saja dan dimana saja.


Meski sudah dimudahkan dengan adanya laptop dan Microsoft Word, kadangkala proses mengetik juga membutuhkan waktu lama.

Misalnya, saat membuat bagan, menempelkan gambar, copy paste, mengubah typo secara keseluruhan, dan lainnya secara satu persatu.

Tentu saja akan memakan waktu lama dan mahasiswa perlu menggunakan shorcut agar lebih cepat mengerjakan tugas.


Shortcut sendiri merupakan tombol pintasan di keyboard dan terdiri atas beberapa tombol yang ditekan secara bersamaan.

Saat ditekan bersamaan, maka bisa memberikan perintah atau memunculkan fitur spesifik pada Microsoft Word.

Dengan memanfaatkan shortcut, mahasiswa tidak perlu lagi mencari-cari fitur Microsoft Word di tab Menu, ketika dibutuhkan.

Dilansir dari laman Instagram Disdik Jabar, bagi para mahasiswa dan pelajar bisa mencoba menghafalkan rumusnya saat mengetik.

Berikut ini rincian daftar shortcut keyboard Microsoft Word di Windows dan MacOS


27 rumus shortcut Ms Word sesuai abjad

  • Ctrl + A = Memilih/memblok seluruh teks
  • Ctrl + B = Menebalkan pilihan yang disorot (bold)
  • Ctrl + C = Menyalin teks yang dipilih (copy)
  • Ctrl + D = Memilih format huruf (font)
  • Ctrl + E = Membuat teks rata tengah (center)
  • Ctrl + F = Membuka kotak pencarian (find)
  • Ctrl + G = Masuk pada halaman tertentu (go)
  • Ctrl + H = Mengganti teks, item khusus atau format spesifik (replace)
  • Ctrl + I = Membuat huruf miring pada pilihan yang disorot (italic)
  • Ctrl + J = Membuat teks rata kiri kanan (justify)
  • Ctrl + K = Memasukkan tautan (insert hyperlink)
  • Ctrl + L = Membuat teks rata kiri (left)
  • Ctrl + M = Meratakan paragraf ke kanan
  • Ctrl + N = Membuat dokumen baru (new)
  • Ctrl + O = Membuka dokumen atau file (open)
  • Ctrl + P = Melakukan pencetakan dokumen (print)
  • Ctrl + Q = Menghapus pengaturan yang telah dibuat
  • Ctrl + R = Membuat teks rata kanan (right)
  • Ctrl + S = Menyimpan dokumen (save)
  • Ctrl + T = Menggeser tabulasi bagian bawah ke atas
  • Ctrl + U = Membuat garis bawah (underline)
  • Ctrl + V = Menempelkan teks atau objek (paste)
  • Ctrl + W = Menutup atau keluar
  • Ctrl + X = Memotong teks atau objek (Cut)
  • Ctrl + Y = Menjalankan aksi terakhir (redo)
  • Ctrl + Z = Membatalkan aksi sebelumnya (undo)

Shortcut kombinasi di Microsoft Word

  • Ctrl + Shift + C = Menyalin teks atau objek (copy)
  • Ctrl + Shift + D = Menambahkan garis bawah ganda (double underline)
  • Ctrl + Shift + E = Melihat perubahan yang sudah dilakukan
  • Ctrl + Shift + F = Mengubah atau memilih font
  • Ctrl + Shift + H = Menyembunyikan tulisan teks yang dipilih
  • Ctrl + Shift + K = Membuat huruf menjadi kapital
  • Ctrl + Shift + L = Membuat teks yang dipilih menjadi daftar poin
  • Ctrl + Shift + N = Menjadikan paragraf yang dipilih sesuai pengaturan asal
  • Ctrl + Shift + P = Mengubah ukuran font
  • Ctrl + Shift + Q = Mengubah huruf yang dipilih menjadi simbol
  • Ctrl + Shift + S = Menerapkan gaya (style)
  • Ctrl + Shift + T = Menggeser paragraf ke kiri
  • Ctrl + Shift + V = Menempelkan teks atau objek (paste)
  • Ctrl + Shift + W = Menerapkan garis bawah (underline)
  • Ctrl + Shift + > = Menyorot teks ke kanan
  • Ctrl + Shift + < = Menyorot teks ke kiri
  • Ctrl + 1 = Membuat spasi tunggal
  • Ctrl + 5 = Membuat spasi 1.5
  • Ctrl + 2 = Membuat spasi ganda
  • Ctrl + Alt + 1 = Mengubah teks menjadi heading 1
  • Ctrl + Alt + 2 = Mengubah teks menjadi heading 2
  • Ctrl + Alt + 3 = Mengubah teks menjadi heading 3
  • Ctrl + S = Menyimpan dokumen
  • Ctrl + W = Menutup dokumen
  • Ctrl + Del = Menghapus kata di sebelah kana kursor
  • Ctrl + Backspace = Menghapus kata di sebelah kiri kursor
  • Ctrl + End = Memindahkan kursor ke akhir dokumen
  • Ctrl + Home = Memindahkan kursor ke awal dokumen

Tips mengerjakan tugas tepat waktu

Sementara dilansir dari laman Fakultas Psikologi Universitas Medan Area, berikut cara mengerjakan tugas secara tepat waktu.

Mulailah dengan niat baik

Mengerjakan tugas dimulai dari dirimu sendiri dan harus punya niat yang baik untuk benar-benar mengerjakan tugas. Mengerjakan tugas bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita.

Mengatur waktu dengan baik

Semua tugas pasti memiliki batas waktu atau deadline. Cobalah untuk mengerjakan dengan membuat "deadline" sendiri yang waktunya bisa lebih awal dan lebih cepat dari batas waktu yang telah ditentukan sendiri. Jika tidak begitu, bisa saja kamu justru menghabiskan lebih banyak waktu dari yang dibutuhkan.

Prioritaskan tugas berdasarkan deadline atau tingkat kesulitan

Tugas kuliah dapat diprioritaskan berdasarkan tingkat kesulitan. Bisa mengerjakan dulu tugas yang tingkat kesulitannya sedikit sampai yang paling banyak. 

Atau mengerjakan tugas kuliah berdasarkan deadline pengumpulan tugas.

Kerjakan tugas sendiri tanpa plagiat

Pengerjaan tugas jangan cari yang cepat saji. Misalnya, asal mengcopy paste tulisan orang lain atau tugas orang lain

Jangan lupa istirahat yang cukup

Jika tidak dapat mengatur waktu untuk pengerjaan tugas, suka mengebut tugas semalaman, akhirnya berpengaruh pada diri sendiri.

Mulai makan tidak teratur, istirahat tidak cukup pasti akan menimbulkan penyakit. Dengan demikian luangkanlah waktu untuk beristirahat.

Baca juga :

to Top