Home Ms Excel

Rumus EXACT untuk Perbandingan
Rumus EXACT adalah rumus untuk penggunaan dua perbandingan string teks apakah sama atau tidak dalam penulisannya baik huruf kecil maupun huruf besarnya jika pada kolom A2 kata "Iank" dan pada kolom B2 "Iank" maka hasilnya akan "True", jika A3 "iank" dan B3 "Iank" maka hasilnya "False" alias salah, dalam penggunaan rumus ini huruf besar dan kecil sangat mmpengaruhi dalam penilaian hasilnya walaupun penempatan huruf Besar kecilnya bukan diaawal kata, semua kata akan dibaca oleh rumus ini dan disamakan dengan kolom liannya apakah sama atau tidak.
Dalam penulisan sintak rumusnya adalah sebagai berikut:
=EXACT(text1:teks2)

Contoh Penggunaan Rumus EXACT

Keterangan :
  1. Kolom/Cell C1 hasilnya "TRUE" (Kolom A1 dan B1 memiliki kata yang sama dan hurfnya tidak ada perbedaan 
  2. Kolom/Cell C2 hasilnya "FALSE" (Kolom A2 dan B2 memiliki kata yang hurufnya berbeda antara Koom A1 memliki Huruf Besar dan A2 dan B2 memiliki huruf kecil semua sehingga jadi perbedaan.
  3. Kolom/Cell C3 hasilnya "FALSE" (Kolom A3 dan B3 memiliki kata yang hurufnya berbeda antara Kolom A3 memliki Huruf Besar pada huruf kedua dan B3 memiliki huruf kecil semua sehingga jadi perbedaan.
  4. Kolom/Cell C4 hasilnya "FALSE" (Kolom A4 dan B4 memiliki kata yang hurufnya berbeda antara Koom A4 memliki Huruf kecil dan B4 memiliki huruf besar pada huruf ke empat sehinggan ada perbedaan.
  5. Kolom/Cell C4 hasilnya "FALSE" (pada kolom B5 ada spasi pada awal huruf sehingga terbaca tak sama dengan kolom A5)

Nah dari Penjelasan diatas jika kurang jelas anda bisa melihat video tutorail Ms Excel 2010 ini dengan judul mengenal rumus fungsi exact (Membedakan kata)


Baca juga :

to Top